Saturday, June 24, 2006

J2ME Polish

Yenny Setiadewi
202114727

.:: J2ME Polish ::.

J2ME Polish merupakan seperangkat tools yang digunakan untuk memudahkan dalam membuat aplikasi game dengan J2ME. Tools tersebut dilengkapi dengan komponen user interface, game-engine, dan kumpulan utility yang lainnya.
Pada artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk membuat sebuah aplikasi MIDP/2.0 khususnya game, dimana aplikasi yang dibuat juga dengan meng-include class javax.microedition.lcdui.game. Dengan menggunakan J2ME Polish dapat dibuat sebuah project tunggal untuk berbagai macam peralatan dalam waktu yang sama hanya dengan mengubah sedikit program.

Instalasi J2ME Polish
Untuk dapat menginstall J2ME Polish minimum membutuhkan Java SDK dan Wireless Toolkit. Selain itu juga membutuhkan program command line Ant versi 1.5 atau keatas. Installer J2ME Polish dapat didownload secara gratis di http://www.j2mepolish.org. Instalasi dapat dilakukan dengan cara men-double klik installer yang telah terdownload atau dapat juga dengan mengetik perintah “java -jar j2mepolish-1.1.jar” pada command line Ant untuk memulai proses instalasi.

Pembuatan Aplikasi dengan J2ME Polish
Pertama-tama untuk membuat aplikasi dibutuhkan peng-copyan file build.xml yang berada di subdirectory “sample” dari instalasi file J2ME Polish yang terbentuk ke root directory aplikasi game yang akan dibuat. File build.xml berisi informasi penting tentang project seperti class MIDlet, target peralatan, versi dari game, dan yang lainnya. File build.xml dapat di-edit dengan menggunakan text editor seperti TextPad. File build.xml dibagi menjadi tiga bagian, yaitu <info>, <deviceRequirements> dan <build>.

- Bagian <info> berisi informasi secara umum tentang project. Berikut adalah contoh isi dari bagian <info>:
<info
license="GPL"
name="J2ME Polish"
version="1.3.4"
description="A sample project"
vendorName="Enough Software"
infoUrl="http://www.j2mepolish.org"
icon="dot.png"
jarName="${polish.vendor}-${polish.name}-example.jar"
jarUrl="${deploy-url}${polish.jarName}"
copyright="Copyright 2004 Enough Software. All rights reserved."
deleteConfirm="Do you really want to kill me?"
/
>
Informasi yang ada dapat di-edit, seperti nama aplikasi dapat mengandung nama dan vendor dari target peralatan. Pada contoh diatas ${polish.vendor}-${polish.name}-example.jar” dapat diganti dengan “Nokia-6600-example.jar”, yang artinya aplikasi tersebut dibuat untuk handphone Nokia/6600.

- Bagian <deviceRequirements> berisi target peralatan yang dipilih, misalnya jika ingin membuat aplikasi MIDP versi 2.0 dan untuk handphone series 60 maka pada bagian requirement diisi “Nokia/6600” atau “Nokia/Series60Midp2”. Berikut adalah contoh isi dari bagian <deviceRequirements>:
<deviceRequirements>
<requirement name="Identifier" value="Nokia/Series60Midp2" />
</deviceRequirements>

- Bagian <build> yang mengontrol proses build yang sesungguhnya. Berikut adalah contoh isi dari bagian <build>:
<build
usePolishGui="false"
resDir="resources"
workDir="${dir.work}"
> <!-- midlets definition -->
<MIDLET class="de.enough.polish.example.MenuMidlet" name="Example" />
</build>
Jika ingin menggunakan GUI dari J2ME Polish dapat dengan cara men-set nilai dari
usePolishGui menjadi true. Selain itu juga harus mendefinisikan class MIDlet sesuai dengan aplikasi yang dibuat.

Setelah semua setting selesai, dilakukan proses compile, obfuscate, preverify, dan package secara otomatis. Hasil package disimpan dalam folder dist dari suatu project dan dapat dicoba pada emulator atau peralatan yang sesungguhnya.

Contoh Program Menu dengan J2ME Polish
public class MenuMidlet extends MIDlet {

List menuScreen;

public MenuMidlet() {
super();
System.out.println("starting MenuMidlet");
this.menuScreen = new List("J2ME Polish", List.IMPLICIT);
this.menuScreen.append("Start game", null);
this.menuScreen.append("Load game", null);
this.menuScreen.append("Help", null);
this.menuScreen.append("Quit", null);
this.menuScreen.setCommandListener(this);
System.out.println("intialisation done.");
}

protected void startApp() throws MIDletStateChangeException {
System.out.println("setting display.");
Display.getDisplay(this).setCurrent( this.menuScreen );
}
[...]

Contoh Menu dengan J2ME Polish


Sumber
http://www.j2mepolish.org/
http://www.mobilegd.com/article77.html
http://www.j2mepolish.org/docs/tutorial.html#extending
http://today.java.net/pub/n/J2MEPolish

1 comment:

Unknown said...

Posting nya keren...., makasih ya...,