Thursday, June 29, 2006

Membuat Midlet dengan EclipseME

Pesan Sponsor…



Untuk keperluan penilaian, NRP saya adalah 203115002.



Kembali ke Program Semula&hellip



EclipseME adalah plugin untuk Eclipse yang berfungsi untuk mempermudah pembuatan aplikasi J2ME menggunakan Sun Java Wireless Toolkit. Mungkin anda sekalian sudah cukup familiar dengan penggunaan Netbeans dan Mobility Pack untuk membuat aplikasi J2ME. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah instalasi EclipseME pada Eclipse 3.0 dengan menggunakan Wireless Toolkit 2.2. Sistem operasi yang digunakan adalah Linux (Debian 3.1).



Prasyarat



  • Wireless Toolkit

  • J2SDK (untuk Wireless Toolkit)

  • Eclipse (jelas)


Sebelum menggunakan EclipseME, maka anda harus memiliki Wireless Toolkit untuk emulator dan class librarynya. Wireless Toolkit sendiri memerlukan J2SDK v1.4 ke atas. Sehingga tentu kedua hal tersebut harus dimiliki. Tentu saja Eclipse juga diperlukan. Versi EclipseME terbaru memerlukan Eclipse 3.1. Yang akan digunakan di sini adalah EclipseME versi 1.0 karena ini adalah versi terakhir yang masih mendukung Eclipse 3.0.



Untuk download J2SDK dapat dicari di situs Sun. Untuk download Wireless Toolkit dapat dilihat di halaman downloadnya (perlu registrasi Sun Developer Network (gratis)). Pada sistem saya J2SDK sudah diinstall dengan bantuan make-jpkg dari package java-package, letaknya di /usr/lib/j2sdk1.5-sun/. Ketika instalasi Wireless Toolkit anda akan diminta lokasi J2SDK (misal /user/jdk1.4/bin) apabila tidak bisa ditemukan oleh installernya. Pada sistem saya saya menjawab /usr/lib/j2sdk1.5-sun/bin. Wireless Toolkit sendiri saya install di ~/pkg/sun-wtk-2.2/.



Instalasi EclipseME



Untuk menginstall EclipseME dapat digunakan feature Software Updates milik Eclipse yang dapat diakses dari menu Help > Software Updates > Find and Install. Instalasi dapat dilakukan dari Internet atau dari site archive file (berbentuk jar atau zip) yang dapat didownload dan diinstall tanpa koneksi Internet. Karena di update site EclipseME yang tersedia hanya versi terbaru maka saya melakukan instalasi dari site archive. Untuk instruksi instalasi dari internet silahkan merujuk pada instruksi instalasi EclipseME.



Site archive yang saya download bernama eclipseme.feature_1.0.0_site.zip dan saya download dari situs SourceForge. Sesudah melakukan download maka site archive bisa diinstall melalui menu Help > Software Updates > Find and Install. Pilih Search for new features to install lalu Next. Pilih New Archived Site dan pilih file zip yang baru didownload. Centang pilihan eclipseME, pilih Next. Pilih feature eclipseME, pilih Next. Setujuilah lisensinya, pilih Next lalu Finish. Akan muncul kotak dialog menyatakan bahwa plugin ini tidak digitally signed. Pilih install saja.



Konfigurasi EclipseME



Setelah diinstall, EclipseME perlu dikonfigurasi.



  1. Pilih menu Window > Preferences.

  2. Pilih node J2ME > Platform Components di tree sebelah kiri.

  3. Klik Wireless Toolkits di tree Platform Components (sebelah kanan). Apabila kosong, klik kanan dan pilih Add Wireless Toolkit. Isilah dengan direktori instalasi Wireless Toolkit (untuk saya, /home/loumz/pkg/sun-wtk-2.2/) lalu klik Finish.

  4. Sesudah menambahkan Wireless Toolkit pastikan tree Platform Components bagian Platform Definitions, Profiles, dan Configurations ada isinya.



Penggunaan EclipseME



Sekarang mari buat proyek J2ME baru. Pilih menu File > New Project…. Pilih J2ME > J2ME Midlet Suite. Beri nama projectnya misalnya di sini HelloMidlet. Pilih Finish.



Sekarang buka project HelloMidlet di Package Explorer. Perhatikan bahwa telah dibuatkan file HelloMidlet.jad, dan J2ME library telah disertakan. Mari kita buat satu Midlet baru. Pilih menu File > New > Other…. Lalu pilih J2ME > J2ME Midlet. Isi nama class dengan HelloMidlet. Pastikan pilihan Add To Application Descriptor? tercentang. Tekan Finish.



Eclipse akan membuatkan file HelloMidlet.java berisi Midlet baru. Ada satu constructor default dan tiga method abstract yaitu startApp(), pauseApp(), dan destroyApp(boolean) yang harus dioverride. Untuk saat ini kita hanya akan menambahkan code di bagian constructor berupa tiga baris berikut ini di bawah super():




Display display = Display.getDisplay(this);
Form form = new Form("Hello Form");
form.append("Hello, World!");
display.setCurrent(form);


Karena kita belum melakukan import maka pasti ada highlight kesalahan (garis bawah merah) pada class yang belum diimport. Pilih menu Source > Organize Imports (Ctrl-Shift-O) untuk meletakkan statement import yang dibutuhkan, lalu Save (Ctrl-S).



Untuk menjalankannya, pilih menu Run > Run As > Emulated J2ME Midlet. Emulator akan tampak dengan Midlet anda di layar (tulisan Hello, World! pada form berjudul Hello Form).



Apabila anda tertarik mengutak-atik file application descriptor (.jad), EclipseME juga menyediakan editor untuknya. Coba saja doubleclick file HelloMidlet.jad pada Package Explorer.



Kesimpulan




Dapat dilihat di sini bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan instalasi EclipseME (paling tidak untuk saya) agak rumit dan berbelit-belit. Pertama adalah kenyataan bahwa Eclipse yang digunakan adalah Eclipse versi 3.0 (lama) sehingga perlu mencari versi EclipseME yang lama pula. Kedua adalah bahwa EclipseME memerlukan Wireless Toolkit tetapi tidak menyertakannya. Ketiga adalah bahwa sistem operasi yang saya gunakan agak kurang umum. Saya sendiri mengalami sedikit kesusahan dalam mengkonfigurasi EclipseME setelah instalasinya.



Dari beberapa alasan di atas, saran saya adalah agar tetap menggunakan NetBeans + Mobility Pack untuk membuat aplikasi J2ME karena lebih mudah diinstall dan digunakan.



Referensi




EclipseME

http://eclipseme.org

Dokumentasi EclipseME

http://eclipseme.org/docs/index.html

Eclipse

http://eclipse.org

Sun Java Wireless Toolkit

http://java.sun.com/products/sjwtoolkit/

1 comment:

anwar said...

Saya masih menggunakan HP SE P800, saya ingin menginstall aplikasi dari getjar yaitu we travel, yang menurut getjar memang bisa dijalankan di SE P800, tetapi pada waktu menginstall keluar pesan "midlet suite requires unsupported java version". apa maksudnya? bagaimana cara agar hp saya bisa menjalankan aplikasi tersebut?